Saya sepakat dengan salah satu kesimpulan buku the Dance of Change yang ditulis Sutanto, J (2009) bahwa tantangan keberlanjutan peradaban masa depan adalah bagaimana manusia bisa mengelola perubahan yang bisa menari dalam perubahan. Kemudian untuk mengelola perubahan tersebut, menurut hemat saya, diperlukan pemimpin pada setiap lini kelembagaan pemeeintah dan swasta, bahkan didalam keluarga, agar gerak roda perubahan ini mencapai visi yang lebih baik. Oleh karena itu, salah satu tantangan besar umat manusia kedepan adalah memilih pemimpin dan menjadi pemimpin di berbagai lini kehidupan.

Dalam kehidupan sehari hari, pemimpin adalah orang yang diberi atau mendapat amanah memimpin, sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan memimpin. Seorang pemimpin perlu kecerdasan di samping ketrampilan manajemen dan stratejik. Seorang pemimpin selalu mempunyai pengikut dan membawa pengikutnya memandang jauh ke depan (Visioner) pada suatu kehidupan yang lebih baik. Kepemimpinan membutuhkan kemampuan mempengaruhi atau daya pikat untuk mempengaruhi pengikutnya dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Pada dasarnya setiap kita adalah pemimpin dengan lingkungan tanggung jawab dan dampak yang berbeda. Paling tidak, setiap kita adalah pemimpin diri sendiri, yaitu mengarahkan,mengendalikan, dan mengubah keinginan sendiri dalam mencapai tujuan hidup. Pemimpin dalam keluarga tentu mempunyai lingkup yang lebih kecil dibandingkan dengan pemimpin di suatu masyarakat, bahkan pemumpin di suatu daerah dan bangsa. Namun, semua pemimpin tersebut dibutuhan, bahkan saling terkait perannya satu sama lain, dalam suatu sistem kepemimpinan. Bertambah tinggi kedudukan seorang pemimpin dan semakin diperlukan ketrampilan stratejinya.

Salah satu ciri utama pemimpin prolingkungan hidup adalah ciri pemimpin masa depan, yaitu memiliki kecerdasan holistik. Artinya, pemimpin dominan kecerdasan intelektual, terbentuklah pemimpin yang serakah atau kapitalis. Apabila dominan emodional dan spiritual, terbentuklah pemimpin yang pasrah. Apabila dominan kecerdasan natural, terbentuklah pemimpin yang serba memproteksi lingkungan hidup dan mematikan kegiatan ekonomi.

Tentang imamnurkholik

Hidup dengan menulis dan berharap membawa perubahan yang positif
Taut | Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s