Multikulturalisme adalah Basis Kewargaan

Keragaman, atau kebinekaan
atau multikulturalisme merupakan salah satu realitas utama yang dialami masyarakat dan kebudayaan dimasa silam, lebih lebih lagi pada masa kini dan di waktu waktu mendatang. Multikulturalisme secara sederhana dapat dipahami sebagai pengakuan,bahwa sebuah negara atau masyarakat adalah beragam dan majemuk. Sebaliknya, tidak ada satu negarapun yang mengandung hanya kebudayaan tunggal.

Tetapi, penting dicatat, keragaman itu hendaklah tidak diinterprestasikan secara tunggal. Lebih jauh, konitmen untuk mengakui keragamaan sebagai salah satu ciri dan karakter utama mastarakat – masyarakat dan negara – bangsa tidaklah berarti ketercerabutan, revalitisme kultural, disrupsi sosial atau konflik berkepanjangan pada setiap komunitas, masyarakat dan kelompok etnis dan rasial. Sebab, pada saat yang sama sesungguhnya juga terdapat berbagai simbol, nilai, struktur dan lembaga dalam kehidupan bersama yang mengikat berbagai keragamaan tadi.

Semuanya ini, dan lebih khusus lagi, lembaga – lembaga, struktur – struktur, dan bahkan pola tingkah laku memiliki fokus tertentu terhadap kolaborasi, kerja sama, mediasi dan negosiasi untuk menyelesaikan berbahai perbedaan. Dengan demikian, mereka potensial untuk menyelesaikan konflik yang dapat muncul dan berkembang sewaktu – waktu. Semua simbol, nilai, struktur, dan lembaga tersebut juga sangat menekankan kehidupan bersama, saling mendukung dan menghormati satu sama lain dalam berbagai hak dan kewajiban personal maupun komunal, dan lebih jauh lagi masyarakat nasional.

Pada tahap ini, komimen terhadap nilai nilai tidak dapat dipandang berkaitan hanya dengan eksklusivisme personal dan sosial,atau dengan superioritas kultural, tetapi lebih jauh lagi dengan kemanusiaan. Semua ini juga mencakup komitmen dan kohesi kemanusiaan melalui toleransi, saling menghormati hak – hak personal dan komunal. Manusia, ketika berhadapan dengan berbagai simbol, doktrin, prinsip dan pola tingkah laku, sesungguhnya mengungkapkan dan sekaligus mengidealisasikan komitmen kepada kemanusiaan baik secara personal maupun komunal dan kebudayaan yang dihasilkannya.

Tentang imamnurkholik

Hidup dengan menulis dan berharap membawa perubahan yang positif
Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s